Hotline 085315555288
Informasi lebih lanjut?
Home » Belitung Info » Hewan Khas Bangka Belitung

Keindahan dan Keunikan Satwa Langka di Bangka Belitung

Tarsius Belitung

Foto : Tarsius Belitung

Bangka Belitung, provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain pantai-pantai yang memikat, provinsi ini juga menjadi rumah bagi berbagai satwa langka yang patut dijaga keberadaannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa satwa langka yang ada di Bangka Belitung.

1. Kuskus (Phalangeridae)

Kuskus adalah marsupial endemik yang dapat ditemui di Pulau Belitung. Satwa ini memiliki ciri khas bulu yang lembut dan warna yang bervariasi, mulai dari coklat, abu-abu, hingga putih. Kuskus merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan menyukai habitat hutan hujan tropis. Populasinya terancam karena kerusakan habitat dan perburuan ilegal.

2. Tarsius (Tarsius bancanus saltator)

Tarsius merupakan primata kecil yang hidup di hutan-hutan Bangka Belitung. Satwa ini memiliki mata yang besar dan ekor panjang. Mereka adalah hewan nokturnal yang terkenal dengan kemampuan loncatannya yang jauh. Tarsius adalah pemakan serangga dan sangat rentan terhadap gangguan manusia serta hilangnya habitat alaminya.

3. Burung Enggang Belitung (Rhinoplax vigil)

Burung Enggang Belitung adalah salah satu burung langka yang bisa ditemui di Pulau Belitung. Burung ini memiliki paruh yang besar dan ciri khas bulu berwarna hitam dan putih. Habitat alaminya adalah hutan primer dan sekunder, namun populasinya terus menurun akibat deforestasi dan pembukaan lahan untuk pertambangan dan perkebunan.

4. Penyu Belitung (Dermochelys coriacea)

Penyu Belitung atau yang juga dikenal sebagai Penyu Sisik adalah salah satu spesies penyu yang terancam punah. Mereka sering kali berkunjung ke pantai-pantai di Bangka Belitung untuk bertelur. Penyu Belitung memiliki ciri khas kulitnya yang bersisik dan bentuk tubuh yang besar. Ancaman terbesar bagi keberlangsungan hidup mereka adalah perburuan telur dan kerusakan pantai akibat aktivitas manusia.

5. Kucing Hutan Bangka (Prionailurus bengalensis bangalensis)

Kucing Hutan Bangka adalah salah satu subspesies kucing hutan yang hanya bisa ditemui di Pulau Bangka. Mereka memiliki bulu berwarna coklat keabu-abuan dengan belang-belang gelap. Habitat alaminya meliputi hutan-hutan tropis dan rawa-rawa. Sayangnya, jumlah populasi mereka semakin berkurang karena perburuan ilegal dan kerusakan habitat.

6. Trenggiling (Manis javanica)

Trenggiling adalah mamalia yang terkenal dengan ciri khasnya berupa lapisan kulit keras yang dilindungi oleh duri-duri kecil. Mereka adalah hewan pemakan semut dan serangga kecil lainnya. Trenggiling dapat ditemui di sebagian hutan di Bangka Belitung, namun populasinya terancam karena perburuan ilegal untuk diperdagangkan ilegal.

7. Rusa (Cervus timorensis)

Rusa merupakan mamalia herbivora yang juga bisa ditemui di hutan-hutan Bangka Belitung. Mereka memiliki tanduk yang indah dan merupakan salah satu hewan buruan yang populer di kalangan pemburu ilegal. Akibatnya, populasi rusa di Bangka Belitung mengalami penurunan yang signifikan.

8. Kancil

Kancil Belitung merupakan salah satu satwa endemik yang menjadi ikon kecil pulau ini. Dikenal dengan ukurannya yang mungil dan kecerdasannya, kancil Belitung sering dijumpai di hutan-hutan dan daerah pedesaan Bangka Belitung. Mereka memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai pemakan tumbuhan dan pemangsa serangga, menjadikan mereka bagian integral dari kehidupan alam pulau ini. Meskipun keberadaannya tidak sepopuler satwa-satwa besar lainnya, upaya pelestarian terhadap kancil Belitung penting untuk menjaga keberagaman hayati yang unik di Bangka Belitung.

Menjaga Kehadiran Satwa Langka

Keberadaan satwa-satwa langka di Bangka Belitung memberikan warna dan keindahan tersendiri bagi ekosistem pulau-pulau tersebut. Namun, ancaman terhadap habitat alaminya serta aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab menjadi tantangan serius bagi kelangsungan hidup mereka. Oleh karena itu, perlindungan dan konservasi terhadap satwa-satwa langka ini sangatlah penting.

Pemerintah setempat, lembaga konservasi, dan masyarakat sekitar perlu bekerja sama untuk menjaga keberadaan satwa-satwa langka ini. Langkah-langkah seperti penegakan hukum terhadap perburuan ilegal, pengelolaan habitat alaminya dengan bijaksana, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dapat membantu memastikan agar satwa-satwa langka di Bangka Belitung tetap dapat dijumpai oleh generasi mendatang.

Dengan upaya bersama, kita dapat merawat keindahan alam dan keanekaragaman hayati Bangka Belitung, termasuk melindungi satwa-satwa langka yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan alam Indonesia

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Tarsius Belitung

Hewan Khas Bangka Belitung

29 March 2024 35x Belitung Info

Keindahan dan Keunikan Satwa Langka di Bangka Belitung Bangka Belitung, provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain pantai-pantai yang memikat, provinsi ini juga menjadi rumah bagi berbagai satwa langka yang patut dijaga keberadaannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa satwa langka ... selengkapnya

Pulau Batu Garuda dilihat dari pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang – Ada Kepala Garuda Raksasa

Jika berbicara pantai cantik yang ada di Belitung tetu takkan ada habis-habisnya. Kali ini kita akan membahas pantai Tanjung Kelayang. Berada di desa keciput dan sebelah barat laut pulau belitung ini juga memiliki keindahan yang unik. Dari pantai ada bisa melihat pulau Batu Garuda dengan jelas, dan juga pulau kelayang. Di bagian parkir pantai tanjung... selengkapnya

Belitung Sheraton hotel & resort.

Hotel & Resort Sheraton Belitung. Hotel Bintang 5 Pertama di Belitung

Sekilas tentang Belitung dan Hadirnya Hotel Sheraton Belitung Belitung, sebuah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia, dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, pantainya yang cantik, dan batu granit unik. Pulau ini telah menjadi destinasi wisata populer bagi para pelancong yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Dalam upaya u... selengkapnya

Our Office

CV. Pelelangi Belitong

Jl. Pelataran Aik Ketekok (eks komplex perumahan PT. Timah. Tbk B45

E-mail : billitonecapture@gmail.com

Whatsapp : +6285315555288

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.