Beranda » Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im terletak di desa burung mandi kecamatan damar kabupaten belitung timur. Tidak ada orang yang mengetahui tentang kapan dan siapa yang membagun vihara ini. Vihara ini ditemukan pada tahun 1747 ketika orang – orang belanda membawa pekerja tambang dari negri tiongkok dan berlabuh dipantai burung mandi. Mereka menemukan sebuah patung dewi kwan Im dalam keadaan separuhnya terbenam kedalam pasir. Sebetul nya ini adalah vihara budayana, namun masyarakat belitung lebih mengenalnya dengan viahara dewi kwan Im.

Vihara ini berada diatas bukit, yang memang merupakan ciri – ciri dari kebanyakan vihara dewi kwan im lainnya. Jadi untuk menuju kebangunan vihara kita musti menaiki anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 86 buah. Terdapat tiga bangungan unutk sembahyang, yaitu shimunyo, sitiyamuni dan kon im. Bangunan utama digunakan untuk sembahyang kepada sang budha dan dewi kwan im, sedangkan bangunan – bangunan lainnya berupa topekong dan kuil untuk dewa langit. Konon katanya pada saat dahulu kala vihara ini di jaga oleh juru kunci yang terkenal akan kejituan ramalannya. Setiap orang bisa minta diramalkan oleh sang juru kunci baik itu masalah perjodohan atau pun karir bisnis.

Pada tahun 2017 para tokoh etnis tionghoa di Belitung melektakkan sebuah patung dewi kwan im setinggi 12 meter diarea tertinggi kompleks vihara ini. Bahan pembuatan patung ini didatangkan langsung dari cina. Keberadaan patung ini sering dijadikan objek foto bagi para pengunjung wisatawan.

Meskipun usia vihara ini sudah lebih dari 3 abad, namun vihara ini bukanlah yang tertua dipulau Belitung. Namun vihara dewi kwan Im adalah yang terbesar dipulau Belitung. Saat ini vihara dewi kwan im belitung menjadi objek wisata. Uniknya divihara ini siapa pun boleh memasuki nya tak terkecuali di area sembahyang. Meskipun itu orang yang beragama lain. Namun tentu saja para pengunjung harus menjaga sikap selama berada di area vihara terlebih lagi di area peribadatan. Untuk mencapai lokasi vihara kita harus menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam dari kota tanjung pandan atau sekitar 25 menit dari kota manggar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.