Beranda » Enam Pulau Yang Akan Anda Kunjungi Saat Hopping Island di Utara Belitung

Enam Pulau Yang Akan Anda Kunjungi Saat Hopping Island di Utara Belitung

Salah satu atraksi wisata yang paling diminati sata liburan kepulau Belitung adalah hoping island. Wisatawan mulai berangkat dari pantai tanjung kelayang menggunakan boat wisata yang bisa  anda sewa maupun di sediakan oleh pihak travel. Hopping island disini maksudnya menjelajahi pulau-pulau kecil yang berada didekat perairan pantai tanjung kelayang. Berikut ini keterangan singkat 6 pulau yang akan anda kunjungi saat hopping island.

Pulau Batu Garuda

Kita tidak bisa mampir kepulau ini dikarenakan daratan pasir pulau ini sangat sedikit. Selebihnya adalah tumpukan – tumpukan batu granit yang besar – besar. Tetapi karena keunikan pulau ini sangat sayang bila hanya dilewatkan begitu saja. Mintalah juru kemudi boat untuk berhenti sejenak agar anda bisa berfoto dengan latar belakang pulau batu garuda. Caranya anda bisa duduk diujung kapal kemudian mintalah bantuan kepada tour guide atau pengemudi boat untuk mengambil foto diri anda. Jangan lupa anda upload foto nya di media social dijamin akan banyak like dan komen yang masuk alias anda bisa jadi selebgram mendadak deh.. ..  J

Namanya Batu Garuda karena memang ada sebuah batu besar yang paling atas bentuk nya seperti kepada burung garuda pancasila. Jadi mungkin inilah alasannya mengapa pulau ini dinamai pulau batu garuda.

Pulau Pasir

Dinamakan pulau pasir dikarenakan dipulau ini hanya terdapat hamparan pasir. Pulau ini adalah sebuah gosongan atau daratan yang timbul pada suatu perairan yang hanya timbul pada saat air sedang surut. Pulau ini akan tenggelam pada saat air pasang.

Pulau pasir di Belitung menjadi lokasi favorit dikunjungi wisatawan dikarenakan keunikannya. Selain itu di perairan sekitar pulau ini juga menjadi habitat dari bintang laut. Semenjak semakin populernya pulau Belitung menjadi destinasi wisata keberadaan hewan ini menjadi terancam karena sering nya hewan-hewan ini dijadikan property untuk berfoto. Sehingga saat ini ada larangan untuk mengangkat mereka keluar dari permukaan air. Tetapi anda tidak perlu khawatir, bagi  anda para wisatawan Billitone Capture yang menggunakan paket tour Belitung. Kami telah menyiapkan kamera underwater agar anda tetap bisa berfoto bersama hewan yang unik ini didalam air. Sehingga kelestarian mereka tetap terjaga. Jarak antara pantai tanjung kelayang ke pulau pasir hanya berkisar 2,5 km atau kurang lebih 15 menit perjalanan menggunakan boat wisata.

Pulau batu Berlayar

Tidak jauh dari pulau pasir ada sebuah pulau lagi yang juga memiliki keunikan tersendiri. Pulau batu berlayar namanya. Sesuai namanya dipulau ini terdapat batu – batu besar yang pipih dan tinggi menjulang menyerupai layar kapal. Karena itulah pulau ini dinamakan pulau batu berlayar.

Pulau batu berlayar sangat iconic. Sehingga disini mungkin adalah spot foto yang paling instagramable. Namun pada saat berfoto – foto didekat bebatuan diharapkan anda agar berhati-hati karena disekeliling batuan banyak ditumbuhi teritip (sejenis kerang yang menempel pada batu) yang memiliki sisi yang tajam sehingga bisa melukai anda apabila anda tidak hati – hati.

Daratan pulau ini juga tidak luas. Jika air surut luasnya hanya sekitar 500m2. Jika air sedang pasang jangan ditanya lagi, bisa – bisa daratan pasir pulau ini bisa tenggelam dan hanya menyisakan gundukan batu granit nya saja. Jika kondisi seperti ini biasanya perahu akan kesulitan jika ingin merapat. Sama halnya dengan pulau pasir saat yang baik untuk mengunjungi pulau ini adalah saat air laut sedang surut.

Pulau Lengkuas

Tujuan selanjutnya adalah pulau lengkuas. Disekitar pulau lengkuas merupakan spot untuk snorkeling, Terumbu karang beraneka ragam dan ikan-ikan yang sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan menjadikan spot snorkeling di pulau lengkuas menjadi kegiatan yang musti anda coba bila anda berkunjung kepulau ini.

Spot foto dipulau ini juga tidak kalah menarik dari pada spot foto di lokasi lain. Batu – batu granit dipulau ini juga unik bentuknya seperti sedang susunan kue keroket yang hampir rebah.

Pulau ini adalah pulau terluar dari wilayah pulau Belitung. Sehingga pada masa penjajahan belanda tahun 1882 dibuatlah mercusuar setinggi 14 lantai untuk memandu lalu lintas laut pada saat itu dan mercusuar tersebut masih berfungsi hingga saat ini. Pengelolaan Mercusuar sendiri merupakan otoritas dari dinas perhubungan. Maka dari itu kita tidak bisa sembarangan untuk menaiki mercusuar ini. Anda perlu mematuhi aturan – aturan nya seperti wajib menbersihkan pasir yang ada dikaki sebelum menaiki mercusuar.

Pulau Kepayang

Setelah selelah snorkeling di pulau lengkuas, berfoto – foto , dan berenang dilaut yang jernih mungkin ada akan merasa lapar. Selanjutnya kita akan kepulau kepayang. Dimana dipulau ini terdapat restoran. Direstoran ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti kamar mandi untuk bilas dan mushola,

Menu yang ditawarkan didominasi olahan seafood. Seperti aneka ikan bakar, udang, dan cumi goreng. Jika anda ingin makan direstoran ini anda harus reservasi terlebih dahulu. Melalui restoran yang ada ditanjung kelayang. Atau anda bisa minta bantuan kepada driver atau pemilik rental mobil (jika anda sewa  mobil lepas kunci) untuk reservasi di restoran ini. Jangan memesan on the spot karena bisa jadi anda tidak terlayani  dengan baik.

Setelah anda puas menyantap hidangan seafood anda juga bisa berjalan – jalan sebentar dipulau ini. Terdapat penangkaran penyu hijau disisi utara restoran. Anda bisa ikut serta melestarikan penyu hijau dengan cara melepas liarkan tukik ke alam bebas. Caranya dengan membeli souvenir dipenangkaran ini.

Tidak jauh dari pulau kepayang sebetulnya masih ada juga spot snorkeling yang juga bagus bahkan terumbukarangnya lebih beranekaragam dari pada yang dipulau lengkuas.

Pulau Kelayang

Posisi Pulau kelayang berada di balik pulau batu garuda. Jadi jika anda berada di pulau ini anda bisa melihat pulau batu garuda dari sudut yang lain. Ini adalah pulau persinggahan. Dengan perairan pantai yang landai dan asyik untuk sekedar berenang. Masuklah kepulau ini lebih dalam dengan berjalan kaki sekitar 500m anda akan sampai di sisi lain pulau ini. Terdapat batu – batuan granit yang menumpuk sehingga semembetuk celah goa yang sangat tinggi dengan air laut bening didasarnya. Orang – orang setempat menamakannya goa kelayang.

Itulah keenam pulau yang bisa anda kunjungi saat aktivitas hopping island. Tapi tidak hanya sampai disitu. Jika anda mempunyai waktu yang cukup dan rela menambah biaya sewa boat sedikit lagi masih ada beberapa pulau lagi yang bisa anda explore. Berikut ini kami beri ulasan 2 pulau lagi sebagai opsi tambahan.

Pulau Burung

Pulau burung berbeda dengan pulau batu garuda. Meskipun sama – sama memiliki batu granit raksasa menyerupai kepala burung. Pulau ini juga paling luas daratannya di bandingkan pulau – pulau lainnya diwilayah ini. Menariknya pulau ini pernah dijadikan syuting film kelas Hollywood berjudul philoshoper.

Pulau Penis

Hmmmm dari namaya nya apa yang anda bayangkan? Ya. Memang begitulah ke unikan pulau – pulau kecil yang ada di perairan laut Belitung. Terdapat batu – batu granit yang bentuknya menyerupai sesuatu. Dan memang dipulau penis ini terdapat batu granit raksasa yang menyrupai alat kelamin pria. Dan warga setempat selalu menamai pulaunya dengan benda yang bentuknya mirip dengan batu yang terdapat di pulau tersebut.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.